Thursday, July 5, 2018

Kesemek, Buah Genit Dengan Bedaknya

Salah satu kesenangan ketika melewati pasar adalah dapat melihat banyak kegiatan, banyak hal dan banyak benda juga. Seperti ketika saya harus turun dari angkot dipasar karena angkotnya tidak melewati jalur biasa. Sambil berjalan tentunya lihat-lihat sekitar yaa, siapa tau ada yang menarik. Dan betul, saya melihat si buah genit itu. Buah musiman yang terbalut bedak tebal ini menarik hati untuk dibeli. Dengan harga Rp15.000 per kg (lebih mahal euy dari harga jeruk yg Rp10.000 per kg nya) akhirnya saya membawa pulang buah tersebut.
 
(Dalam 1kg berisi sekitar 5-6 buah)



Dialah buah dengan nama latin  Diopyros Kaki atau nama bekennya si Buah Kesemek. Buah yang ketika muda berwarna hijau kemudian berangsur berubah menjadi oren sejalan dengan kematangannya ini berasal dari daratan China dan sempat banyak tumbuh di tanah Indonesia. Namun semakin kesini pamornya semakin menurun dan tersisihkan dibanding buah lain seperti apel, buah naga dan lainnya.

Dengan memiliki rasa dan aroma yang khas, Kesemek bisa dinikmati sebagai asupan buah favorit. Apalagi dengan kandungan vitamin C, zat besi dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan itu saja, dengan terdapat nya Vitamin A dalam kandungan buah ini, semakin menambah kharismanya dalam upaya menjaga kesehatan mata anda. Dengan seratnya yang tinggi, buah kesemek ini cocok juga dijadikan kudapan untuk anda yang sedang menjalankan diet.

Zat Tanin yang terkandung didalamnya bisa membantu mengatur gerakan usus, yang berguna untuk anda yang sedang mengalami diare. Ternyata zat tanin ini juga yang menyebabkan buah kesemek memiliki bedak. Rasa tanin yang sepat bisa dikurangi dengan melakukan perendaman buah kesemek kedalam air kapur.

Setelah mengetahui fakta akan kandungan dan manfaat dari kesemek ini, pastinya akan membuat kita semangat dalam mengkonsumsi buah-buahan.Terutama buah lokal.