Tuesday, January 22, 2019

Tolong Menolong


Jika dirasa melakukan sesuatu secara sendiri dirasa sulit, maka berekanlah. Dengannya kita bisa berbagi. Karena memang fitrahnya juga, kita manusia dikenal sebagai mahluk sosial. Mahluk yang tidak bisa hidup sendiri. Pasti memerlukan bantuan orang lain. Carilah rekan yang sejalan. Karena akan melelahkan jika berada dalam kondisi berekan tapi tidak sejalan. Bahkan banyak cerita melilih tidak berekan dibanding memiliki rekan namun tidak sejalan.
.
Tidak perlu juga berharap lebih dalam berekan. Karena masing-masing kita pasti memiliki kekurangan. Dan yang paling menyenangkan adalah dengan saling mengisi setiap sudut kurang lebih dari masing-masing kita pula. Bekerja sama. Sama-sama bekerja. Saling tau dengan tugasnya, saling mengerjakan hal yang dibisa. Mencari peluang untuk menyelesaikan setiap halnya dengan kontribusi masing-masing.
.
Setiap kita memiliki kemanpuan. Namun seringnya menjaga diri dari tugas dan memilih melimpahkan kepada orang lain. Padahal dari setiap tempaan tidak akan menjadikan kita orang yang sama. Pasti ada perbedaan dalam diri, dalam kemampuan, dalam pengetahuan dari tempaan tersebut.
.
Jadi, apa kabar kalian yang hanya mencari posisi dipinggirian sekedar menjadi penonton padahal ladang ilmu sedang dibentangkan begitu luasnya untuk diri yang mau belajar.
.
Dan tolong menolonglah kamu dalam ketaatan. Karena itu sebaik-baiknya pertolongan.
.
ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya [al-Mâidah/5:2]