Friday, October 23, 2015

Alkesah Itu Buah Jigong


Jalan pertanian, Citayem adalah nama jalan yang setiap minggunya saya lewati untuk berangkat dan pulang kerja. Tidak ada yang istimewa, sampai suatu hari ketika melewati jalan tersebut ada kios penjual buah baru disebrang sekolah MTS Alexsandria.
Iseng tengok kanan-kiri, tertujulah pandangan kebuah yang dijajakan. Bentuknya bervariasi ada yang besar maupun kecil. Tapi yang paling banyak adalah yang berukuran kecil dan berwarna kuning, hingga menarik perhatian. Sebelumnya, saya kira itu buah pinang, karena bentuknya mirip, agak lonjong dan berwarna orange.
Untuk mengakhiri rasa penasaran, akhirnya menepilah ke kios tersebut. Tanpa pembukaan, langsung bertanya ke ibu penjualnya nama buah tersebut. Awalnya selintas terdengar seperti srikaya (karena saya tau srikaya seperti apa), makanya minta diulang. Ternyata buah tersebut bernama “Alkesah”. Wow… baru dengar saya ada buah yang namanya unik gitu (norak mode). Klo banyak orang bilang itu salah satu buah yang mereka makan saat mereka masih kecil, kalo saya baru kenal buah itu pas sudah sebesar ini :D
Sawo mentega, sawo ubi, alkesah, atau setelah ditelisik ternyata dikenal juga dengan nama buah jigong (karena saat dimakan kadang menyisakan warna kuning di gigi, seperti jigong :D) dengan nama latin Campechiana adalah jenis buah yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko bagian selatan. Sebutan lain diluar negri adalah canistel, egg fruit, atau yellow sapote. Disana buah ini biasa dijadikan sebagai campuran es krim, milkshake, puding, atau tambahan dalam membuat kue pie. Getahnya dipakai sebagai bahan karet. Dengan bentuk buah lonjong, bulat telur, sampai membulat, dengan ujung agak lancip, berkulit tipis licin, hijau keabuan saat muda, semakin matang akan berubah warna menjadi kuning-oren dan saat sudah matang benar buahnya akan meletek (pecah). Daging buah berwarna kuning-oren (seperti ubi rebus tapi kering menepung), berbau harum (menurut saya seperti wangi buah kesemek). Memiliki biji yang besar ( dalam satu buah terdapat1- 5 biji) berwarna coklat mengkilat.
Rasanya manis, tapi tidak menyengat. Saran saya, jangan makan yang belum matang benar, karena dari pengalaman rasanya masih sedikit pahit dan kesat di lidah. Mungkin itu karena getahnya. Karena orang rumah kurang suka dengan rasa manisnya, akhirnya saya coba jadikan sebagai bahan campuran dalam membuat puding. Setelah menjadi olahan, ternyata rasanya lebih bisa diterima. Dan cara mengolahnya menjadi puding pun gampang, Dengan teksturnya yang lembut, mudah untuk melumatnya, setelah di lumat, tinggal dicampur dengan agar-agar + gula +air, lalu di masak hingga mendidih, dan dicetak. Tunggu hingga dingin, maka puding si buah jigong pun jadi.. ^____^
Saya beli seharga 7000 per kilo. Isinya cukup banyak. 2 yg ukuran besar, sekitar 10 yg kecil (tapi sudah berwarna kuning semua).
Siapa yang mau bereksperimen mengolah buah ini? Bisa bagi-bagi resepnya yaa buat saya.. :D