Friday, December 4, 2015

Dan saat merangkai cerita dari lembaran-lembaran foto

Di era digital ini, sangat lazim kita melihat serombongan anak muda memonyongkan bibir, menutup sebelah mata, memainkan jari jemarinya menjadi beraneka bentuk dan aktifitas lainnya saat sedang berpose didepan kamera. Ada lagi yang menjadikan ajang foto-foto sebagai dokumentasi perjalanan dengan menjadikan tempat-tempat yang sekiranya sebagai icon menjadi latar belakang jepretan kita. Atau ada juga yang menjadikan foto sebagai sarana ekspresi mengabadikan keindahan-keindahan alam ataupun kenangan dalam sebuah objek.

Apapun latarbelakang yang mendasarinya. Sebagian besar orang sependapat bahwa gambar di foto dapat mewakilkan cerita, entah saat moment tersebut berlangsung ataupun bercerita tentang keindahan objek yang jarang dijumpai atau tidak terpikirkan dilihat dari sebuah sudut namun menjadi gambar luar biasa saat sudah terfokus dalam sebuah lensa.

Contoh diatas merupakan contoh indah dari lembaran foto yang bercerita kepada siapa saja yang melihatnya. Memang cerita tersebut hanya tertulis di pikiran setiap orang yang melihatnya. Dan bisa jadi setiap orang punya cerita yang berbeda walaupun melihat foto yang sama.

Namun demikian, ada saat dimana selembar foto juga tidak bisa menceritakan kejadian sebenarnya dari sebuah moment yang berhasil direfleksikan dalam selembar kertas. Ada cerita yang tetap harus melalui bibir untuk mencapai kejelasan, tidak hanya melalui mata. Karena diatas segala kecanggihan teknologi, tidak bisa merangkum sebuah keadaan secara sempurna.  Apapun cerita tersebut sebenarnya bukanlah data dan fakta dari apa yang terlihat di gambar itu, melainkan rekaman masa lalu yang telah melekat di otak kita.

kroscek atau mencari kebenaran dari apa yang dilihat dan cerita yang sudah terbentuk dipikiran di sesuaikan dengan kenyataan sebenarnya dengan cara berkomunikasi langsung. Tidak sekedar dari terkaan dari rangsangan indra penglihatan terhadap sebuah gambar. Dari sanalah baru bisa kita mengambil kesimpulan dari cerita-cerita yang terlukis dalam gambar dengan penilaian yang bernilai kebenaran didalamnya.