Monday, December 7, 2015

Buah Gowok, sihitam bulat yang bikin melek di festival bunga dan buah nusantara IPB 2015



Di acara festival bunga dan buah nusantara yang diadakan di IPB pada tanggal 27-29 November 2015 kemarin, saya berkesempatan hadir dan mencari buah atau bunga yang sekiranya belum pernah saya temui. Seperti tema acara "fesrival bunga dan buah nusantara", saya berpikir akan banyak menemukan bunga- bunga dan buah-buah dari belahan nusantara. Wow akan sangat menarik pastinya.

Sampainya di tempat, suasana sudah ramai pengunjung yang memadati stand yang tersusun rapi. Dengan panggung besar didepan dan galeri buah disamping stand yang tertata apik. Terdapat monas (monumen nanas) juga looh.

Sambil mengitari stand-stand, mata melirik setiap koleksi yang dirasa menarik. Seperti saat pandangan tertuju pada buah yang satu itu. Buah gowok namanya. Ada juga yang menyebutnya buah kupa. Salah satu buah asli Indonesia. Berbentuk bulat dan berasa asam segar. Gowok (Syzygium polycephaulum) masih berkerabat dekat dengan jamblang (Syzygium cumini).

Pohonnya mempunyai tinggi antara 8-20 meter dengan jari-jari batang bawah mencapai 50cm. Berdaun tunggal berbentuk lonjong dengan panjang daun antara 17-25cm dan lebar 6-7cm. Memiliki bunga berwarna putih. Pada daun dan kulit buah gowok mengandung saponin dan flafonoida. Sedangkan pada kulit batangnya mengandung polifenol. Dengan berbagai macam kandungan yang terdapat dari setiap bagian pohon gowok tersebut, bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit mag, kudis, gatal-gatal serta menetralkan pengaruh mabuk dari alkohol.